Entri yang Diunggulkan

Crack ESET Smart Security 10 dengan TNod 1.6.1 Beta

Untuk melakukan aktivasi ESET Smart Security 10 saat ini praktis hanya aplikasi crack TNod 1.6.1 Beta yang bisa berjalan. Aplikasi lain m...

Senin, 25 Agustus 2014

Sepuluh Teknologi Yang Akan Ditransformasikan Pada PC Mulai Tahun 2015

Setiap tahun kita akan menjumpai PC (Personal Computer) yang tidak hanya kian canggih dan power full, namun juga ringan dan tipis sehingga mudah dibawa ke mana saja. Hal ini seakan menjawab tuntutan kebutuhan masyarakat yang selalu mobile. Tengok saja keberadaan Ultrabook ataupun hybrid Laptop dan Tablet termasuk ASUS Transformer Book T100 dan Dell Venue yang semakin banyak diminati.

Pabrikan hardware maupun software saling berlomba dalam melakukan inovasi demi kepuasan pelanggan mereka. Perangkat portable selalu menyedot perhatian dunia IT dengan menyuguhkan teknologi tiada henti, sebut saja produk Apple seperti iPad atau tablet berbasis Android dan tak ketinggalan tablet Windows 8.1.

Sepuluh Teknologi Yang Akan Ditransformasikan Pada PC Mulai Tahun 2015

Saat ini banyak produsen yang menggodok produk andalan mereka dengan mengadopsi beberapa teknologi canggih yang akan mewarnai dinamika perkembangan perangkat keras dan lunak. Pada kesempatan ini kami tampilkan 10 teknologi yang akan ditransformasikan pada PC mulai tahun 2015.
  1. Processor Intel Broadwell
  2. Saat ini pengguna dihadapkan pada pilihan akan menggunakan perangkat hybrid berbasis Windows 8.1 dengan portabilitas tinggi namun performa sebatas Netbook yang mengadopsi processor Bay Trail. Ataukah memakai processor bertenaga macam Haswell berlayar besar tetapi berat untuk dibawa bepergian. Dilema ini akan terjawab melalui kehadiran processor Broadwell yang didesain dengan teknologi 14 nm. Broadwell memungkinkan terjadinya keseimbangan pada perangkat tablet 2-in-1 berukuran 12.5 inchi yang beratnya kurang dari 1.5 pound dan lebih tipis dari iPad Air.

  3. Processor AMD yang lebih hemat daya
  4. AMD menjanjikan processor yang mereka buat akan lebih hemat hingga 25 kali lipat melampaui Hukum Moore dengan menggeser beberapa beban kerja pada processor grafis (GPU). Jika AMD berhasil mengkombinasikan antara kinerja grafis yang tinggi dengan hematnya daya baterai maka tidak mungkin akan terjadi persaingan sengit dalam komputasi 2-in-1.

  5. Wireless Intel
  6. Mulai tahun 2016 Intel ingin mendorong "PC wire-free" yang bisa men-share konten display ke display lainnya melalui teknologi WiGig. Ide ini berawal dari keinginan Intel untuk menjadikan setiap monitor komputer atau TV bisa menjadi dumb terminal bagi laptop tanpa membutuhkan adanya konektor.

  7. USB Type-C
  8. USB Implementers Forum sedang menyiapkan USB 3.1 yang tidak hanya lebih cepat dari generasi pendahulunya, tetapi akan menggunakan konektor USB Type-C yang reversible tanpa khawatir anda akan terbalik dalam memasang kabel pada USB.

  9. Universal Laptop Charger
  10. International Electrotechnical Commission akan menerbitkan spesifikasi teknis untuk charger laptop universal pada tahun ini. Hal ini akan membuat lega bagi para pelanggan yang merasa kesulitan mencari penganti charger laptop mereka yang hilang atau rusak dengan harga wajar.

  11. DisplayPort Adaptive Sync
  12. Kabar gembira untuk para gamer yang akan mendapatkan game lebih halus tanpa lag karena ada solusi V-Sync berbasis software.

  13. Memory DDR4
  14. Hadirnya modul memory DDR4 dapat meningkatkan bandwidth sampai 50 persen dan lebih hemat daya sampai 35 persen dibanding DDR3. Intel akan mengadopsi DDR4 pada processor Extreme Edition di semester kedua tahun 2014, namun dukungan DDR4 untuk PC baru akan datang dengan munculnya processor Intel Core Generasi keenam kode Skylake di tahun 2015.

  15. Hybrid Memory Cubes
  16. Micron mempelopori teknologi memory yang keluar dari jalur DRAM konvensional dengan mengenalkan teknologi yang dikenal sebagai Hybrid Memory Cubes. Desain teknologi ini adalah dengan menumpuk modul memory secara vertikal. Koneksi yang dihasilkan menawarkan bandwidth hingga 15 kali lipat dan 70 persen energi lebih efisien dibanding DDR3. Teknologi Hybrid Memory Cubes pertama kali akan muncul pada workstation high-performance dan server pada tahun 2015, dan tak menutup kemungkinan pada tahun mendatang akan hadir juga di laptop.

  17. SATA Express
  18. Jika anda sudah menjalankan komputer dengan SSD (Solid State Drive) maka tak ingin berbalik lagi menggunakan HDD (Hard Disk Drive), hal ini disebabkan performa SSD yang memiliki speed di atas HDD. Nah, SATA Express ini memungkinkan PC untuk bekerja jauh lebih cepat dari SSD ataupun hybrid SSD dan HDD, sebab SATA Express mampu menembus kecepatan transfer data hingga 2 Giga Byte per detik. Sebagai perbandingan interface SATA saat ini memiliki kecepatan 6 Giga bit per detik atau setara dengan 0.75 Giga Byte per detik. Ingat besarnya nilai 1 byte = 8 bit. Saat ini pun sudah ada beberapa motherboard yang mengadopsi teknologi SATA Express.

  19. Wireless 802.11ax
  20. Wireless 802.11ax menawarkan kecepatan sampai 4 kali lipat untuk koneksi individu dan mampu meningkatkan manajemen spektrum untuk mengurangi kemacetan hotspot. Namun kita baru bisa menikmati teknologi ini pada perangkat setidaknya sampai tahun 2019.


0 komentar:

Poskan Komentar