Entri yang Diunggulkan

Crack ESET Smart Security 10 dengan TNod 1.6.1 Beta

Untuk melakukan aktivasi ESET Smart Security 10 saat ini praktis hanya aplikasi crack TNod 1.6.1 Beta yang bisa berjalan. Aplikasi lain m...

Senin, 19 Maret 2012

Processor ARM Cortex-M0+ Sebuah Pondasi Untuk Internet of Things

ARM baru saja memberikan pengumuman tentang Cortex-M0+ yang mereka klaim sebagai processor paling hemat energi di dunia. Cortex-M0+ telah dioptimalisasi guna memberikan microprocessor berdaya rendah dan MCU murah untuk beberapa aplikasi sensor serta sistem kontrol yang cerdas, termasuk aplikasi rumah tangga, pemantauan medis, pencahayaan dan daya serta perangkat kontrol motor. Hadirnya ARM Cortex M0+ menambah jajaran processor Cortex family yang terkenal lebih hemat energi dibanding Intel Atom Cedar Trail maupun AMD Fusion APUs.

Processor ARM Cortex-M0+ Sebuah Pondasi Untuk Internet of Things

ARM Cortex-M0+ 32-bit hanya membutuhkan 9Aµ/MHz pada teknologi proses 90nm atau sepertiga dari processor 8-bit/16-bit yang ada saat ini dan mampu memberikan peningkatan performa yang signifikan. Kombinasi antara daya rendah dan performa tinggi dari arsitektur 8-bit dan 16-bit ini memungkinkan juga untuk melakukan migrasi ke perangkat 32-bit tanpa mengorbankan konsumsi energi dan area.

Fitur ARM Cortex-M0+ dapat dijadikan sebagai pondasi untuk "Internet of Things", yaitu sebuah konsep device yang cerdas, hemat daya, efisiensi microcontroller untuk komunikasi, manajemen dan maintenance pada multi perangkat yang terhubung secara wireless. Hal ini seperti diungkapkan oleh Wakil Presiden dan Manajer Umum Divisi Processor ARM, Mike Inglis : "The Cortex-M0+ processor is yet another demonstration of ARM low power leadership and its commitment to drive the industry forward towards ever lower power consumption.With our expertise in low-power technology, we have worked closely with our Partners on the definition of the new processor to ensure that it can enable the low-cost devices of today, while also unlocking the potential benefits delivered by the Internet of Things".

Processor ARM Cortex-M0+ Sebuah Pondasi Untuk Internet of Things

Lebih dari 50 vendor silicon terkemuka telah memberikan lisensi untuk ARM Cortex-M0+, dan sudah didesain ulang guna menambah fitur baru yang signifikan. Termasuk siklus tunggal I/O untuk mempercepat akseske GPIO dan periferal, meningkatkan debug dan trace capability serta 2-stage pipeline guna mengurangi jumlah siklus per intruksi (CPI : Cyclus Per Instruction), selain itu juga meningkatkan akses Flash.

ARM Cortex-M0+ menggunakan model yang sangat cocok untuk bahasa pemrograman C dan fitur kompabilitas biner dengan tool Cortex-M0 yang sudah ada sebelumnya dan RTOS. Juga kompatibel dengan software processor ARM Cortex lainnya. Mendukung tool dari pihak ketiga seperti CodeSoucery, Code Red, Express Logic, IAR Systems, Mentor Graphics, Micrium dan SEGGER. ARM Cortex M0+ juga cocok untuk implementasi Artisan 7-track SC7 Ultra High Density Standard Cell Library and Power Management Kit (PMK) guna memanfaatkan fitur daya rendah ground-breaking sebuah processor.

Sumber : ARM


Baca juga :

0 komentar:

Poskan Komentar