Entri yang Diunggulkan

Proteksi VBA Excel Menjadi "Project is unviewable"

Berbagai cara untuk melindungi dokumen VBA Excel dilakukan oleh pembuatnya agar kode atau script tidak bisa diakses orang lain. Ada yang m...

Rabu, 04 Oktober 2017

Coffee Lake Ternyata Memiliki Ukuran Die Lebih Besar Dibanding Kaby Lake

Intel akan meluncurkan secara resmi Coffee Lake ke pasar dunia besok untuk menggantikan processor pendahulunya Kaby Lake. Jika kita bandingkan antara processor Coffee Lake dengan Kaby Lake secara fisik ternyata ada beberapa perbedaan mendasar. Sebut saja pin loyout Coffee Lake yang telah ditampilkan blog ini kemarin dan Coffee Lake hanya kompatibel dengan Chipset Intel Z370 Express dari keluarga Chipset Intel 300 Series.

Ternyata juga ukuran die Coffee Lake lebih besar dibanding Kaby Lake walaupun keduanya memiliki socket LGA 1151. Hal ini di-share oleh seorang anggota komunitas HKEPC Tech yang telah melepas Integrated HeatSpreader atau IHS yaitu sebuah pendingin yang terintegrasi pada processor Intel Core 17-8700K.

Coffee Lake Ternyata Memiliki Ukuran Die Lebih Besar Dibanding Kaby Lake

Intel ternyata masih menggunakan paste thermal antara die CPU dengan IHS. Dari situ terlihat bahwa lebar die Coffee Lake tetap sama hanya lebih panjang dibanding Kaby Lake. Luas Coffee Lake sekitar 151 mm² sedangkan Kaby Lake 126 mm². Hal ini dilakukan Intel untuk meningkatkan jumlah Core menjadi 6 dan meningkatkan kapasitas L3 cache menjadi 12 MB.



Sumber : Videcardz, HKEPC



0 komentar:

Posting Komentar