Entri yang Diunggulkan

Proteksi VBA Excel Menjadi "Project is unviewable"

Berbagai cara untuk melindungi dokumen VBA Excel dilakukan oleh pembuatnya agar kode atau script tidak bisa diakses orang lain. Ada yang m...

Selasa, 03 Oktober 2017

Coffee Lake dan Kaby Lake Memiliki Pin Layout Berbeda

Munculnya Processor Intel Coffee Lake socket LGA 1151 memunculkan banyak pertanyaan terkait kompabilitas dengan motherboard Z270, karena sama-sama menggunakan socket LGA 1151. Logikanya, seharusnya Coffee Lake dan Kaby Lake dapat dapat dipasang pada motherboard Z270 maupun motherboard Z370. Ternyata dalam konferensi pers yang digelar saat Intel mengumumkan Coffee Lake, mereka mengatakan bahwa Coffee Lake hanya dapat berjalan pada motherboard yang dibangun dengan Chipset Intel Z370 Express. Hal ini di luar kebiasaan Intel.

Padahal sebelumnya, asalkan suatu motherboard memiliki socket yang sama maka dapat dipasang processor dengan socket LGA yang sama, tanpa mempermasalahkan generasi processor yang berbeda. Paling banter hanya perlu Update BIOS. Kasus ini tidak berlaku lagi pada Coffee Lake socket LGA 1151 dan Kaby Lake socket LGA 1151 yang didukung Chipset Intel Z270 Express.

Apa yang menyebabkan motherboard Z270 tidak mendukung processor Intel Coffee Lake? Jawabnya adalah karena Coffee Lake memiliki pin layout berbeda dengan Kaby Lake, walaupun keduanya hadir dengan socket LGA 1151.

Coffee Lake dan Kaby Lake Memiliki Pin Layout Berbeda
Coffee Lake dan Kaby Lake Memiliki Pin Layout Berbeda


Intel telah menambahkan pin VSS (ground) dan pin VCC (power) atau kutub + dan mengurangi jumlah pin untuk RESERVED (RSVD) pada processer Coffee Lake. Pin layout RSVD sekarang ini ditempati oleh pin VSS dan VCC.

              Kaby Lake     Coffee Lake
VSS :          377                391            (+14)
VCC:          128                146            (+18)
RSVD :         46                  25            (-21)

Menurut Intel, socket LGA 1151 pada motherboard Z370 telah dimodifikasi untuk pengiriman daya yang lebih baik pada Processor Intel Core 8th Generations. Pertanyaan kompabilitas bisa saja dihindari kalau saja Intel memberi nama socket baru ini sebagai Socket LGA1151v2.


Sumber : Intel



0 komentar:

Posting Komentar