Entri yang Diunggulkan

Cara Aktivasi MS. Office 2019 Secara Mudah

Microsoft telah merilis aplikasi MS. Office 2019 paling baru untuk menggantikan MS. Office 2016 maupun MS. Office 2013 . Beberapa sobat ...

19 Maret 2013

Cara Memperbaiki Windows 8 Yang Gagal Boot

Kini Windows 8 sudah banyak digunakan oleh user di seantero dunia, ada yang beli original, activated permanently dengan upgrade ke media center, atau aktivasi melalui KMS dan phone via Skype. Mereka instal Windows 8 secara langsung pada PC maupun memanfaatkan dual boot. Berbagai cara ditempuh untuk mencicipi fitur metro style yang ditawarkan Windows 8.

Berbicara konfigurasi dual boot, jadi teringat pada pengalaman yang kami temui saat mengaplikasikan dual-booting Windows 8 dan Windows 7. Tak seperti waktu instal dual boot XP dan Windows 7 atau Vista, dimana tidak pernah kami temukan error atau crash. Namun untuk dual boot Windows 8 dan Windows 7, beberapa kali mengalami gagal booting. Akhirnya jurus update windows dijalankan dan alhamdulillah sampai sekarang tak satupun error muncul lagi.

Ternyata Microsoft tahu bahwa sistem operasi terbarunya sering mengalami kegagalan boot. Hal ini terbukti dengan tampilnya KB2823223 yang nongol di web support-nya. Sebetulnya jika Windows 8 gagal boot telah disediakan solusi Automatic Repair untuk memperbaiki windows, yaitu melalui fitur Refresh your PC atau Reset your PC.

Nah ... sekarang jika dengan melakukan Refresh your PC atau Reset your PC tetap gagal, bagaimana jalan keluarnya? Dan anda tidak bisa menggunakan salah satu dari kedua opsi untuk perbaikan windows. Itulah tujuan dari KB2823223 dan akan kami share di sini tentang cara memperbaiki Windows 8 yang gagal boot.

1. Hidupkan PC Windows 8 anda, setelah BIOS selesai loading tekan tombol F8
    keyboard untuk masuk ke Windows Recovery Environment (WinRE).

2. Anda akan di bawa ke layar Choose an option, selanjutnya pilih Troubleshoot
    - Advanced options dan klik Command Prompt.

Cara Memperbaiki Windows 8 Yang Gagal Boot
    
3. Sesaat kemudian muncul jendela command prompt lalu ketik perintah :
    cd %windir%\system32\config - tekan Enter.

4. Gantilah nama system.001 dan software.001, caranya ketik :
    ren system system.001
    ren software software.001
    setiap mengetikkan satu baris perintah ikuti dengan menekan Enter.

Cara Memperbaiki Windows 8 Yang Gagal Boot
    
5. Tutup jendela command prompt dan reboot PC anda.

6. Tekan tombol F8 lagi untuk masuk ke layar Automatic Repair, lalu
    pilih Advanced Options - Troubleshoot, dan anda pilih Reset your PC.


Catatan :
  • Jika anda ingin menggunakan pilihan Refresh your PC maka rename hanya pada System hive saja. Tetapi bila ternyata Software hive juga rusak maka anda tidak bisa menggunakan opsi Refresh your PC. Sehingga anda harus mengubah (rename) Software hive juga.
  • Ketika anda rename Software hive maka Refresh your PC tidak dapat digunakan, tetapi anda bisa memakai Reset yor PC.


Semoga tulisan ini bisa menjadi solusi manakala Windows 8 anda mengalami gagal boot, bukannya semakin tambah bingung.



Baca juga :

62 komentar:

  1. ARTIKELNYA BERGUNA SEKALI. WINDOWS 8 NYA JALAN KEMBALI. MAKASIH BANYAK BROOOO <3

    BalasHapus
  2. berarti semua datanya hilang semua ya..mulai dari system dan software klu pakai cara ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wouw data agan masih tetap aman, btw ... backup data dulu sebelum melakukan ini menjadi solusi yang bijak juga

      Hapus
    2. Cara backup data nya gmn gan?

      Hapus
    3. Cara paling mudah backup data yaitu dengan memindahkan 9COPY-PASTE) semua data agan ke media penyimpanan lain, bisa flash disk atau hard disk eksternal

      Hapus
  3. GAN.. MAKASIH BANYAK SEKALI BANGET... atas artikelnya.. sangat membantu bangeet.. hehehe..
    thanks a lot gan.. :)

    BalasHapus
  4. maff admin, pc sy win8 bermasalah stiap x sy nyalakan pasti diagnostic... dan autorepair....... dan gbs msk k dekstop, apkh cara ini bs berlaku untuk mslh pc sy?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ane pernah ngalamin juga kaya sobat, dan cara di atas bisa mengatasinya, silakan coba

      Hapus
  5. Gan saya kan sudah mengikuti semua yang disuruh di atas kok pas reset your pc ada tulisan " insert your windows installation or recovery media to continue" gimana itu gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. artinya sistem meminta DVD instalasi windows 8 untuk melanjutkan proses, jd agan bisa masukkan DVD ke drive

      Hapus
    2. Itu berarti, pake dvd windows 8 ?
      atau pake dvd kosong?

      Hapus
  6. Smart computer . Please help me ... laptop ane win 8 rusak nih gx bisa buka semua aplikasi kaya ms office , mozila , task manager , msconfig dll ttrus juga gx bisa restart sama shutdown tp masih bisa buka exploler bisa copas file sama liat2 foto mohon advice nya gan.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba lakukan reset pc, atau clean install saja

      Hapus
  7. kalo laptop hp kok gak bisa ya??
    minta solusinya dong gan? eman baru 2 minggu beli

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebetulnya trik di atas berlaku untuk semua merek laptop ato PC
      Kalau masih saja kesulitan dengan cara-cara di atas, baeknya di-instal ulang aja

      Hapus
  8. Gan kan saya mau masuk di command prompt disuruh minta paswordnya?knpa ya bgitu!!! Tolong solusinya

    BalasHapus
  9. Gan pada sat mngetik system dan software i2 di pilih salah stu atw kedua" nya di ketik?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kedua-duanya ditulis dan tidak ada password tuk masuk command prompt

      Hapus
  10. Gan minta solusinya win 8.1 saya error gak bisa buka PC setting sama semua aplikasi bawaan win 8.1

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba masuk ke control panel, kalo ga bisa via pc settings lewat :
      - tekan Tombol Windows+R
      - ketik control panel
      - masuk ke user account
      - tambah user account

      Hapus
  11. Balasan
    1. Reset PC tidak menyebabkab data hilang, btw lebih baik data di-backup dulu

      Hapus
  12. kalau setelah tulis di cmd "ren system system.001" being used by another process, itu gmn gan?

    BalasHapus
  13. Gan kenapa yah akun saya hilang saat mau prepairng automatic windows 8? Tolong bantuannya gan..

    BalasHapus
  14. Gan kasus lapi saya sama kayak yang agan tulis,, nah pas masuk cmd dan mo nulis karakter "\" (garis miring kebalik) malah nongolnya "#"(hashtag) alhasil gagal perintahnya.. padahal saya cek keyboardnya ga da masalah, dan sebelum kejadian juga lancar .. tolong gan (/'')/

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba pake on screen keyboard di windows accessories

      Hapus
  15. kalau di reset data yang di penyimpan D dan E hilang ngak mas atau hanya yang di C saja mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Data yang berada di drive selain C akan aman gan

      Hapus
  16. Gan pas saya masukin perintah cd %windir%\system32\config - dan tekan enter ya keluar ko malah pesan "the system cannot find the path specified" maksudnya apa y? Thxu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya sistem tidak dapat menemukan dan beralih ke system32\config

      Hapus
  17. Gan, kalai solusiny win repair selain insert dvd gmn ya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau ikuti cara di atas kaya'nya kaga perlu insert dvd, btw jika ada opsi begitu tinggal masukin bootable dvd win 8

      Hapus
  18. gan , kalau misalnya kluar tulisan insert your windows installation itu gimana gan ? Masalahnya ane install via FD melalui rufus wktu itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. tancepin aja FD bootable yang dulu dipakai instal windows, kalo FD-nya udah di format harus buat bootable lagi

      Hapus
  19. Gan, waktu saya klik troubleshoot , kok gk mau kebuka ya??

    BalasHapus
  20. Gan punya saya nyangkut alias lama diagnosing your pc itu.. apa itu loadingnya emg lama gan?
    Mohon bantuannya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. harusnya kagak pakai lama gan, coba ulangi proses dari awal lagi

      Hapus
  21. Oh iya gan masalahnya gini, pertama ane mengalami kerusakan waktu pakai windows 7, masalahnya waktu mau masuk desktop error/heng (tulisan "Welcome" terus). Terus ane install ulang ganti windows 8, pertama saya coba baik2 saja, setelah selang 12 jam ane gunakan kembali laptop ane dan... bermasalah lagi seperti kerusakan waktu windows 7 itu alias welcome terus (kalo di windows 8 cuman muter2 aja) ga mau masuk desktopnya. Itu masalah di hardware ane atau gimana yah gan? Naaah terus ane coba cara agan seperti diatas tsb. Saya coba rename system waktu ane enter itu Work gan, sementara ane rename software waktu tekan enter ada peringatan.. ane wktu itu cuek langsung aja next step. Waktu nyelesain tahap akhir Restart your PC malah error gan... gimana gan hehe maaf kebanyakan. Semoga agan bisa membantu. Btw minal aidzin gan hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Met Idul Fitri juga bro ...
      Gini gan ... kalo udah ganti 2 OS tetep error, kemungkinan emang hardware laptop bermasalah, coba dulu :
      - buka casing laptop
      - bersihkan debu dengan vacum cleaner atau bisa pakai kuas
      - pasang kembali casing
      - hidupkan lagi

      soalnya lawan terberat PC ada pada debu, coba aja gan moga berhasil

      Hapus
  22. Gan saya ikutin smua lngkah di atas, trus ada tuliasan insert you windows installation or recovey media continue tuh gimna?

    BalasHapus
  23. gan laptop saya windows 8.1 tidak bisa masuk Windows Recovery Environment (WinRE).padahal saya sudah tekan f8 berkali kali...
    Tolong penjelasannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang kadang sulit masuk dgn pencet tombol F8 karna booting windows 8 yang cepat. coba agan baca artikel ini agar lebih mudah

      Hapus
  24. Gan tlg solusinya
    Saya udh buka CMD lalu ketik
    ren system system.001 lalu enter
    ren software software.001 lalu enter
    Malah kluar "the process cannot access the file because it is being used by another process"

    BalasHapus
  25. permisi mas saya mau nanya, kan saya pilih option refresh terus ada tulisan "insert your windows installation or recovery media to continue" saya harus gimana yah? soalnya notebook saya gaada buat CD room nya dan saya gaada kaset instalan windows 8, mohon solusinya mas, terimakasih :)

    BalasHapus
  26. mas punya saya cuman stuck warna biru abis itu ulang lagi ke diagnosing your pc

    BalasHapus
  27. Mas, pas saya udah masuk ke jendela command prompt ada tulisan, YOU need to sign in as AN administrator.... Bla bla, intinya akun saya tidak ada di administrator PC. Ini gimana membalikan akunnyaakunnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buat account baru :
      - Settings - Chane PC settings
      - Accounts - Other account - Add an account

      Hapus
  28. Mas, punya laptopku windows 10, apa cara diatas itu bisa dipake buat laptopku??

    BalasHapus
  29. Mas kalo direset data nya hilang ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Data tidak hilang, tapi lebih baik untuk preventif sebaiknya simpan data di drive lain selain drive C

      Hapus
  30. kak mau tanya dong, waktu mau ngeklik command itu disuruh pilih akun windows dan aku memang ada akun windows tp tidak pernah setting password, atau bs dikatakan aku tidak punya akun, itu hrs gmn ya?

    BalasHapus
  31. atau mungkin ada cara lain untuk memulai komputer menjadi semula lagi? karena tiap restart selalu mulai dgn tampilan option biru ini lagi. terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo cara paling mudah yang ane' jalanin yach Instal ulang windows ... beres

      Hapus
  32. Gan ko ane ga bisa yah coz ane notebook win8 automatic repair Mulu Ama diagnosing trus . . .
    Semua cara ga bisa pencerahannya gan

    BalasHapus