Entri yang Diunggulkan

Crack ESET Smart Security 10 dengan TNod 1.6.1 Beta

Untuk melakukan aktivasi ESET Smart Security 10 saat ini praktis hanya aplikasi crack TNod 1.6.1 Beta yang bisa berjalan. Aplikasi lain m...

Jumat, 29 November 2013

Mengenal Intel Xeon Phi Knights Landing

Pada acara Supercomputing Conference 13, Intel mengenalkan form factor dan konfigurasi memory dari sebuah CPU masa depan, yaitu Intel Xeon Phi Knights Landing. Intel mengharapkan dengan hadirnya Xeon Phi Knights Landing akan mempermudah programabilitas dan meningkatkan performa. Intel Xeon Phi Knights Landing hadir untuk memenuhi kebutuhan High Performance Computing (HPC).

Pada awalnya Intel Xeon Phi sebenarnya merupakan co-processor yang diproduksi dalam form factor PCI Express dan kompatible dengan platform x86. Sedangkan Intel Xeon Phi generasi berikutnya yang diberi kode Knights Landing hadir sebagai processor host, masuk dalam arsitektur rack standard dan menjalankan aplikasi native. Hal ini secara signifikan akan mengurangi kompleksitas pemrograman dan mengeleminasi offloading data. Maka kinerja dapat meningkat, mengurangi latency yang disebabkan oleh memory, PCI Express dan jaringan.

Mengenal Intel Xeon Phi Knights Landing

Knights Landing merupakan CPU mandiri (standalone) sama seperti processor Intel Xeon atau Intel Core. Mampu melakukan booting OS (Operating System), terhubung ke I/O bridges, mempunyai link untuk dapat terhubung dengan Knights Landing lainnya dan juga processor Xeon serta menggunakan memory utama yang bisa di-upgrade layaknya processor biasa.

Setiap Intel Xeon Phi Knights Landing memiliki memory controller 6 channel DDR4-2400 yang mendukung hingga kapasitas RAM 384 GB tiap socket. Menurut roadmap Intel yang bocor di Internet awal tahun ini, Knights Landing akan dirilis pada akhir 2014 atau 2015. Chip dibangun dengan teknologi proses 14nm form factor PCI Express atau CPU. Mendukung instruksi baru AVX 3.1, built-in DDR4 memory controller dan paket memory berkecepatan tinggi. Intel Xeon Phi Knights Landing diperkirakan memiliki kinerja di atas 3 TFLOPS, atau 14 - 16 GFLOPS/w.



0 komentar:

Poskan Komentar