Entri yang Diunggulkan

Kode Untuk Reset Password BIOS Laptop ASUS

Banyak diantara pengguna Laptop ASUS yang membuat password BIOS untuk mengamankan perangkatnya sehingga pihak lain tidak bisa mengaksesny...

Kamis, 21 Juni 2012

Coprocessor Intel® Xeon® Phi™ Berbasis Asitektur Intel Many Integrated Core

Intel corporation mengenalkan poduk barunya coprocessor Intel® Xeon® Phi™ dalam acara International Supercomputing Conference (ISC12) yang belangsung di kota Hamburg, Jerman. Intel® Xeon® Phi™ adalah merek baru untuk semua produk masa depan Intel, dirancang berbasis arsitektur Intel Many Integrated Core (Intel MIC) yang ditujukan bagi HPC (High Performance Computing), enterprise, data center dan workstation. Menurut jadwal, produk pertama keluarga Intel® Xeon® Phi™ akan diproduksi secara masal pada akhir tahun 2012. Dengan demikian Intel® Xeon® Phi™ dengan kode nama coprocessor "Knights Corner" akan melengkapi Intel Xeon E5 2600/4600 yang sudah eksis dan memberikan tingkatan performa yang baru untuk beban kerja paralel lebih tinggi.

Coprocessor Intel® Xeon® Phi™ Berbasis Asitektur Intel Many Integrated Core

"The Intel Xeon processor E5 family is powering exponential performance gains in high performance computing and we're proud that it is having such a profound impact on the industry as demonstrated by its presence inside 45 of the Top500 supercomputers. As we add Intel Xeon Phi products to our portfolio, scientists, engineers and IT professionals will experience breakthrough levels of performance to effectively address challenges ranging from climate change to risk management. This is the next step of Intel's commitment to achieve exascale-level computation by 2018, and create a unique technology category that delivers unprecedented performance for today's highly parallel applications." kata Raj Hazra, seorang wakil presiden  Intel Corporation dan general manager of the Technical Computing at Data Center and Connected Systems Group.

Intel® Xeon® Phi™ menawarkan kemudahan dalam penggunaan dan didukung dengan model pemrograman  yang familier, teknik dan tool yang tersedia dengan arsitektur Intel. Coprocessor Intel® Xeon® Phi™ akan terlihat sebagai optimalisasi HPC, paralel yang lebih tinggi dan komputasi terpisah yang berjalan pada sistem operasi berbasis Linux. Dengan fitur ini memungkinkan untuk memiliki lebih banyak fleksibilitas pada saat mengaplikasikan solusi cluster yang tidak ditemui pada teknologi grafis alternatif berbasis akselerator.

Coprocessor Intel® Xeon® Phi™ dibangun dengan mempergunakan inovasi Transistor 3D Tri-Gate 22 nm, tersedia dalam form factor PCI Express yang memuat lebih dari 50 Core dan memory minimal bekapasitas 8 GB GDDR5. Selain itu juga mempunyai dukungan 512b wide SIMD untuk meningkatkan performa yang memungkinkan beberapa elemen data dapat diproses dalam satu intruksi. Intel® Xeon® Phi™ mempunyai performa lebih dari 1 TeraFLOPS per node yang diukur dengan benchmark Linpack (Rmax). Sebagai perbandingan, tahun 1997 sebuah supercomputer ASCII RED memerlukan lebih dari 9000 processor Intel Pentium untuk dapat menerobos batas 1 TeraFLOPS.

Sumber : Intel

Baca juga :

0 komentar:

Posting Komentar