Entri yang Diunggulkan

Crack ESET Smart Security 10 dengan TNod 1.6.1 Beta

Untuk melakukan aktivasi ESET Smart Security 10 saat ini praktis hanya aplikasi crack TNod 1.6.1 Beta yang bisa berjalan. Aplikasi lain m...

Jumat, 01 Juni 2012

Update Google Penguin dan Pengaruhnya bagi SERP

Belum sembuh benar luka akibat Google Panda, capek pun masih terasa sewaktu membenahi HTML. Kini Google kembali merilis algoritma terbaru via Update Penguin untuk solusi SERP (Search Engine Result Page) atau dikenal sebagai halaman hasil pencarian. Banyak webmaster yang kalang kabut untuk bisa lolos dari jeratan Google Penguin. Salah satunya mypagerank.net yang tiada angin tiada hujan, tiba-tiba mengirim lewat GMAIL kepada kami yang isinya PUTUS hubungan kita. "Hello! Your link submission are rejected! Possibles reasons for we reject the link : wrong URL (mungkin maksudnya domain jangan blogspot.com), bad description (we no accept only words and all description need to write in english) - aku kan cinta Indonesia and no related content". Ya, sudahlah ... ini ngutip Bondan Prakoso.


Menurut beberapa pakar SEO, masih belum begitu jelas tentang ruang lingkup dan pentingnya update Google Penguin. Tetapi sebagian ada yang mengatakan sebagai anti web-spammer, berpengaruh bukan hanya untuk black-hat, namun juga pada legitimasi situs.

"Dalam kurun tahun terakhir ini Google telah mengimplementasikan sejumlah quality update, tapi tidak ada satupun diantaranya yang benar-benar fatal bagi SEO tradisional. Demikian juga dengan hadirnya algoritma Google Penguin pada April 2012 ini", analisis salah seorang ahli SEO.

Sejauh ini Google telah meluncurkan serangkaian update penting yang memicu perdebatan sengit diantara para webmaster dunia mengenai SEO, berikut daftarnya :

  1. Update Jagger (September - Oktober 2005)
  2. Update Vince (Februari 2009)
  3. Real-Time Search (Desember 2009)
  4. Update Panda (Februari 2011)
  5. Search + Your World (Januari 2012), dan
  6. Update Penguin (April 2012)

Secara umum, kombinasi antara update Panda dan Penguin terlihat seperti Jagger versi baru. Menurut sumber dari link-assistant, update Google Penguin akan berpengaruh pada :

  • Rendahnya beberapa link anchor text
  • Backlink dari situs yang tipenya sama, misal forum atau komentar
  • Backlink dari website yang tidak relevan
  • Semua bentuk manipulasi skema link
  • Pemadatan keyword atau kata kunci

Begitulah sekelumit tentang update Google Penguin yang mnurut para pakar SEO tidak akan begitu berpengaruh pada kita yang menerapkan SEO tradisional, yaitu rajin menulis artikel orisinil dan hindari penjiplakan. Oke selamat berkarya sobat semua, semoga blog/web kita terhindar dari ancaman Google Penguin ...  AMIIN.


Baca juga :

0 komentar:

Poskan Komentar