Entri yang Diunggulkan

Cegah Ransomware WannaCry dengan Update Smadav Rev 11.4

Dunia sedang gempar dengan munculnya malware jenis ransomware WannaCry . Begitu masifnya pemberitaan WannaCry , sampai nenek-nenek pun ing...

Senin, 13 Januari 2014

NVIDIA Tegra K1 Processor Untuk Perangkat Mobile

NVIDIA mengenalkan Processor System-on Chip (SoC) Tegra K1 yang ditujukan untuk perangkat mobile seperti smartphone, PC Tablet, elektronik dan automobile. Tegra K1 memiliki fitur CPU 32-bit dan 64-bit yang disertai adapter grafis berbasis arsitektur Kepler. Soc ini diberi kode nama Logan yang secara signifikan mampu meningkatkan kualitas video game pada berbagai perangkat. Menurut rencana Microsoft akan memasang Tegra K1 64-bit pada Surface 3.

NVIDIA Tegra K1 ditawarkan dalam dua versi pin-to-pin yang kompatibel. Versi pertama menggunakan 32-bit quad-core (4-plus-1) microprocessor ARM Cortex A15. Sedangkan versi kedua menggunakan 64-bit dual-core microprocessor Denver yang akan memberikan single-thread sangat tinggi dan performa multi-thread berkat arsitektur 7-way superscalar. Berbasis instruksi set ARMv8 yang membawa efisiensi energi dari processor ARM untuk komputasi 64-bit. Kedua versi Tegra K1 mampu memberikan kinerja grafis kelas atas berkat adanya arsitektur GPU Kepler dengan 192 stream processor. GPU Tegra K1 mencakup empat ROP ( Raster Operating Unit) dan memiliki L2 cache sebesar 128 KB antara ROP dan interface memory 64-bit.

NVIDIA Tegra K1 Processor Untuk Perangkat Mobile

Tegra K1 juga mempunyai fitur memory controller DDR3L/LPDDR2/LPDDR3, 4K video decoder dan encoder, security engine, interface I/O standar industri serta output HDMI. Tegra K1 mendukung sensor hingga 100 Mega Pixel berkat dual core-ISP dan menyediakan throughput 1.2 Giga Pixel per detik. Mendukung DirectX 11, OpenGL 4.4 dan tessellation.

NVIDIA Tegra K1 Processor Untuk Perangkat Mobile

Menurut NVIDIA, Tegra K1 juga akan menjadi processor mobile pertama yang mampu memberikan performa lebih cepat dibanding konsol game saat ini seperti Xbox 360 atau PS3. NVIDIA mengharapkan Tegra K1 versi 32-bit  dapat diaplikasikan dalam perangkat mobile pada semester pertama tahun 2014, sedangkan versi 64-bit akan menyusul pada semester kedua. Kedua chip Tegra K1 diproduksi dengan menggunakan teknologi processor 28 nm HPM.



0 komentar:

Posting Komentar