Entri yang Diunggulkan

Crack ESET Smart Security 10 dengan TNod 1.6.1 Beta

Untuk melakukan aktivasi ESET Smart Security 10 saat ini praktis hanya aplikasi crack TNod 1.6.1 Beta yang bisa berjalan. Aplikasi lain m...

Rabu, 15 Mei 2013

Cara Konversi MBR ke GPT Disk di Windows 8

Media penyimpanan data (storage device) pada personal komputer yang banyak dipakai adalah HDD (Hard Disk Drive) dan SSD (Solid State Drive). Kapasitas HDD dewasa ini sudah mencapai 4 TB dan anda bebas menyimpan data berupa dokumen, film atau foto di dalamnya. Anda juga bisa membagi HDD tersebut menjadi beberapa partisi. Hanya saja untuk membuat partisi pada drive cuma dibatasi sampai 4 partisi. Mengapa demikian? Karena Master Boot Record (MBR) hanya mendukung empat partition table entries.

Jika anda membutuhkan lebih dari empat partisi maka perlu membuat extended partition. Dan apabila anda punya hard drive lebih dari minimal 2 TB maka sisa ruang (space) disk tidak dapat digunakan. Untuk itu MBR disk harus diubah atau dikonversi terlebih dahulu ke GPT (GUID Partition Table) agar anda mendapatkan partisi disk lebih banyak.

Cara Konversi MBR ke GPT Disk di Windows 8

Jumlah partisi pada GPT tidak dibatasi oleh temporary schemes, seperti container partitions yang didefinisikan oleh MBR Extended Boot Record (EBR). Ada beberapa cara yang bisa dilakukan dalam mengkonversi MBR ke GPT yaitu diskpart dan gptgen melalui command prompt. Saat melakukan konversi MBR ke GPT disk dengan diskpart data yang tersimpan dalam disk akan hilang. Namun jika memakai gptgen data tetap utuh. Ada pula cara dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga yaitu Partition Assistant, dimana data dalam hard disk tidak akan hilang. Partition Assistant adalah software free yang mendukung Windows 7 dan sudah support Windows 8.

Konversi MBR ke GPT disk lebih sederhana dan tidak serumit dibanding via command prompt. Berikut cara untuk melakukan konversi MBR ke GPT disk dengan Partition Assistant :  

1. Download dan instal Partition Assistant.
2. Jalankan aplikasi Partition Assistant.
3. Pilih HDD yang akan dikonversi.
4. Klik kanan disk tersebut kemudian pilih Convert to GPT/MBR Disk.
5. Klik OK - Apply untuk melakukan perubahan.

Begitulah cara mengkonversi MBR ke GPT untuk mendapatkan lebih banyak partisi pada hard disk berkapasitas besar.


0 komentar:

Poskan Komentar