Entri yang Diunggulkan

Crack ESET Smart Security 10 dengan TNod 1.6.1 Beta

Untuk melakukan aktivasi ESET Smart Security 10 saat ini praktis hanya aplikasi crack TNod 1.6.1 Beta yang bisa berjalan. Aplikasi lain m...

Jumat, 07 Oktober 2011

Mengenal Teknologi Intel Thunderbolt

Intel Corp. mengenalkan Thunderbolt, suatu teknologi yang dikembangkan di bawah kode Light Peak dan hasil kolaborasi dengan Apple. Teknologi Intel Thunderbolt merupakan inovasi terbaru dalam transfer data berkecepatan tinggi antara PC (Personal Computer) dengan periferal serta perangkat display. Teknologi Intel Thunderbolt mampu memberikan respon luar biasa terhadap transfer data & display di setiap arah dan pada waktu yang sama, dengan mempergunakan kabel tunggal pada kecepatan 10 Gbps.

Mengenal Teknologi Intel Thunderbolt

Teknologi Intel Thunderbolt dirancang untuk mendapatkan kinerja, kesederhanaan dan fleksibilitas transfer data pada perangkat input-output (I/O device). Dengan demikian memungkinkan terbentuknya sebuah pasar baru bagi perangkat PC yang inovatif. Melalui penerapan Teknologi Intel Thunderbolt pada kecepatan 10 Gbps, maka perangkat PC dapat :
  • Mentransfer film Full High Definition dalam waktu kurang dari 30 detik.
  • Melakukan backup MP3 yang diputar secara kontinyu selama 1 tahun hanya dalam 10 menit.

Teknologi Intel Thunderbolt telah menerima penghargaan Computer Graphics World Silver Edge pada konvensi National Association of Broadcasters 2011, menawarkan fitur :
  • Bi-directional simultan, transfer 10 Gbps pada kabel tunggal.
  • Mendukung dual-protocol (PCI Express dan DisplayPort).
  • Kompatibel dengan perangkat DisplayPort yang sudah ada.
  • Perangkat daisy-chaining.
  • Pilihan kabel listrik atau optik.
  • Rendahnya latency dengan sinkronisasi waktu yang sangat akurat untuk aplikasi audio dan video profesional.
  • Menggunakan software driver protokol asli (native).
  • Power-over-cable untuk perangkat bus-powered.

Mengenal Teknologi Intel Thunderbolt

Interkoneksi Chip Intel Thunderbolt pada PC dan perangkat lainnya melakukan transmisi dan menerima informasi untuk protokol PCI Express dan DisplayPort. Chip Thunderbolt melakukan switching antara dua protokol untuk mendukung komunikasi melalui kabel tunggal. Dengan memanfaatkan kinerja dan protokol yang ada pada Teknologi Intel Thunderbolt, seorang desainer bisa melakukan inovasi untuk merancang produk PC baru secara bebas. Melalui Teknologi Intel Thunderbolt, seorang engineer dapat :
  • Melakukan desain mandiri (standalone) dengan teknologi ekspansi yang umum digunakan pada desktop dan workstation, menggunakan driver native yang sudah ada serta dihubungkan melalui kabel tunggal.
  • Mendesain laptop tipis dan ringan, diupgrade melalui teknologi Thunderbolt dan konektor mini yang dirancang untuk aplikasi mobile tanpa mengorbankan performa I/O.
  • Mendapatkan teknologi I/O lainnya dengan menggunakan adaptor yang telah banyak digunakan pada controller PCI Express. Maka sangat mudah untuk menciptakan adaptor Gigabyte Ethernet, Firewire atau eSATA dengan memakai driver PCI Express yang sudah ada.

Beberapa perusahaan seperti Apple Inc., Promise Technology dan Lacie telah mengumumkan penerapan Teknologi Intel Thunderbolt pada produk mereka, atau rencana dukungan Thunderbolt untuk produk mendatang. Intel juga telah bekerja sama dengan industri yang memungkinkan untuk pengaplikasian Thunderbolt pada produk komputer, display, storage device berkecepatan tinggi dan audio/video.  

0 komentar:

Poskan Komentar