Entri yang Diunggulkan

Crack ESET Smart Security 10 dengan TNod 1.6.1 Beta

Untuk melakukan aktivasi ESET Smart Security 10 saat ini praktis hanya aplikasi crack TNod 1.6.1 Beta yang bisa berjalan. Aplikasi lain m...

Rabu, 30 Maret 2011

Teknologi Hyper Threading Pada Processor Intel® Core™ 2nd Generation

Perkembangan Teknologi Informasi kian maju terlebih di bidang komputerisasi yang hampir setiap bulan selalu memunculkan inovasi terbaru. Berbagai produk perangkat keras dilempar ke pasar dan disambut hangat oleh para costumer dengan antusias. Processor sebagai otak utama dari sistem personal computer dituntut untuk dapat bekerja secara maksimal guna memperoleh kinerja cepat dan akurat. Oleh karena itu produsen processor kemudian mengeluarkan jurus-jurusnya agar dapat mengoptimalkan performa produknya, contoh Intel® mengembangkan Teknologi Turbo Boost 2.0 dan Hyper Threading, sedangkan AMD dengan mengandalkan Teknologi Hyper Transport. Nahh ... kali ini kita coba untuk membahas tentang teknologi yang diusung oleh Intel pada processor andalannya, yaitu Teknologi Hyper Threading.


Hyper Threading (HT) adalah sebuah teknologi yang dikembangkan oleh Intel® agar dapat meningkatkan kinerja processor, dengan cara memberikan instruksi melalui software untuk membelah diri (splitting) menjadi beberapa aliran (thread). Teknologi Hyper Threading menyediakan thread-level secara paralel pada setiap processor, sehingga penggunaan sumber daya processor menjadi lebih efisien, memungkinkan beberapa thread untuk berjalan pada setiap inti (core). Teknologi Hyper Threading dapat diaktifkan melalui kombinasi antara :
  • Processor Intel® dan Chipset yang mendukung Teknologi Hyper Threading
  • Sistem Operasi (OS) untuk optimalisasi Teknologi Hyper Threading
  • BIOS (Basic Input Output System) yang support Teknologi Hyper Threading

teknologi hyper threading intel

Dengan aktifnya Teknologi Hyper Threading pada processor maka sebuah komputer akan mampu :
  • Menjalankan aplikasi berat secara bersamaan dengan tetap mempertahankan respon sistem
  • Menjaga sistem lebih aman. efisien dan meminimalkan dampak terhadap produktifitas
  • Mengaktifkan grafis menjadi lebih baik, sehingga penggemar multimedia dapat membuat, mengedit dan melakukan encoding file grafis, pada saat yang sama komputer juga menjalankan aplikasi di belakang layar seperti program antivirus tanpa mengorbankan kinerja sistem  


Teknologi Hyper Threading jika digabungkan dengan Teknologi Intel® Turbo Boost ataupun Intel® Turbo Boost 2.0 memungkinkan processor untuk mengolah data secara simultan pada beberapa thread, menyesuaikan beban kerja dan secara otomatis akan mematikan (off) core yang tidak aktif, serta processor akan meningkatkan frekuensi pada core yang sibuk untuk menambah kinerja lebih besar. Teknologi Hyper Threading tersedia pada processor keluarga Intel® Core™ dan juga Intel® Core™ 2nd Generation dengan kode Sany Bridge, baik Sandy Bridge untuk Desktop maupun Sandy Bridge untuk Notebook.




0 komentar:

Poskan Komentar