Entri yang Diunggulkan

Cara Aktivasi MS. Office 2019 Secara Mudah

Microsoft telah merilis aplikasi MS. Office 2019 paling baru untuk menggantikan MS. Office 2016 maupun MS. Office 2013 . Beberapa sobat ...

03 April 2019

Cara Menambahkan Watermark Pada eRapor

Banyak guru dan wali kelas mengeluhkan bagaimana cara menambahkan logo sekolah pada lembar eRapor yang akan dicetak pada selembar kertas. Karena Aplikasi eRapor yang dirilis oleh Kemdikbud tidak menyediakan fitur watermark guna memasang atau menambahkan logo sekolah. Padahal di lain pihak, sekolah ingin memberikan sentuhan ciri khusus sekolahnya pada lembar eRapor tersebut.

Seperti anda ketahui bahwa eRapor hanya dapat didownload dalam format PDF. Hal ini tentu akan mempersulit anda dalam menambahkan watermark pada file PDF. Kita harus menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Foxit PDF Editor. Selain itu butuh waktu dan tenaga lebih banyak dalam menambahkan watermark pada eRapor berformat PDF yang terdiri atas ribuan lembar. Very imposible!

Memang untuk menambah watermark pada file format PDF jauh lebih sulit dan kompleks jika dibanding menambah watermark pada Excel dan Word.

Sebenarnya untuk menambahkan logo sekolah pada eRapor dapat kita siasati dengan menggunakan Printer yang memiliki fitur watermark, contoh Epson L360 Series. Watermark berupa logo sekolah secara otomatis akan tercetak pada saat kita melakukan printout eRapor. Ini jauh lebih efisien dalam hal waktu dan biaya daripada anda harus menyiapkan lembar kertas yang telah diberi logo sekolah yang dipesan dari percetakan.

Well ... langsung saja berikut ini kami sampaikan tips and tricks cara menambahkan watermark pada eRapor. Sebagai catatan dalam tutorial ini file PDF eRapor kita buka dengan aplikasi Foxit PDF Reader dan menggunakan Printer Epson L360 Series.

1. Siapkan image atau gambar logo sekolah dalam format Bitmap (.bmp)
2. Tekan kombinasi keyboard Ctrl + P untuk mencetak (klik File - Print)
    Maka akan keluar jendela Print. Klik tombol Properties
 
Cara Menambahkan Watermark Pada eRapor

3. Sesaat kemudian muncul jendela Printer Properties - klik tab More Options
    dan lanjutkan dengan klik Watermark Features

Cara Menambahkan Watermark Pada eRapor

4. Keluarlah jendela Watermark Features, selanjutnya klik tombol Add/Delete
    maka akan muncul jendela User-Defined Watermark, lakukan hal berikut :
    - Klik option BMP - ketik nama watermark pada kolom Name, misal Logo
    - Klik Browse dan arahkan ke lokasi anda menyimpan gambar logo .bmp
    - Klik OK
    
Cara Menambahkan Watermark Pada eRapor

5. Kembali ke jendela Watermark Features, klik tombol Settings
    lalu akan keluar jendela Watermark, ikuti langkah berikut :
    - Atur slider Desnsity ke posisi Light untuk mendapatkan gambar logo yang
      lebih transparan. Anda bisa mengatur Density sesuai kebutuhan.
    - Klik OK untuk menutup jendela yang masih aktif
    
Cara Menambahkan Watermark Pada eRapor

6. Printer sudah siap untuk mencetak PDF eRapor disertai watermark berupa
    logo sekolah


Pengaturan atau setting di atas dapat juga anda lakukan pada properties Printer melalui Control Panel. Keuntungannya anda tidak perlu lagi mengatur pilihan watermark dalam mencetak file PDF eRapor yang lain.

Cara di atas dapat sobat gunakan untuk menambah logo pada lembar PDF eRapor SMP maupun eRapor SMA dan berlaku juga untuk semua printer yang memiliki fitur watermark. Semoga artikel cara menambahkan watermark pada eRapor ini bermanfaat bagi sobat semua. Wassalam.


Monggo beri komentar ...



0 komentar:

Posting Komentar