Entri yang Diunggulkan

Crack ESET Smart Security 10 dengan TNod 1.6.1 Beta

Untuk melakukan aktivasi ESET Smart Security 10 saat ini praktis hanya aplikasi crack TNod 1.6.1 Beta yang bisa berjalan. Aplikasi lain m...

Minggu, 31 Januari 2016

Cara Reset Password BIOS Laptop ASUS

Baru saja selesai merepair laptop ASUS milik teman yang tidak bisa masuk ke Windows gara-gara lupa password BIOS. Kalau lupa password account windows bisa saja pakai aplikasi Passcape sebagai solusinya atau bisa langsung hajar dengan clean install, tapi ini password BIOS laptop, bro. Seperti sobat tahu kalo laptop ASUS yang dipasangkan dengan Windows 10 atau Windows 8, akan sulit untuk mengakses BIOS karena kecepatan Fast Startup Windows Modern ini sangat tinggi.

Sudah pakai cara pencet tombol F2 dan Power secara bersamaan seperti membuka BIOS Satellite L645,  juga kagak berhasil untuk masuk ke BIOS. Terpaksa deh buka casing ASUS X455LA yang masih baru untuk melakukan clear CMOS. Tapi apa mau dikata ternyata pada board laptop tidak ada bataerai CMOS layaknya motherboard PC desktop. Jumper clear CMOS pun tidak nongol.

Cara Reset Password BIOS Laptop ASUS

Kebetulan ASUS X455LA ini pakai baterai polymer yang menyatu di dalam casing dan tanpa pikir panjang langsung cabut aja konektornya. Siapa tahu nanti CMOS juga akan clear dengan sendirinya, pikirku begitu.

Sebetulnya setiap vendor laptop menyediakan kode tertentu untuk recovery password BIOS. Caranya dengan menekan kombinasi tombol Alt + R dan akan terlihat tanggal default. Laptop ini setelah ane tekan Alt+R muncul tanggal 2016/01/30. Nyatanya kagak ada kode untuk tanggal ini.

Setelah casing laptop dibenahi dan kabel-kabel dipasang terus dihidupkan, dan kembali tekan Alt + R ... eiitt, tanggalnya berubah jadi 2009/01/01. Jadi ... baterai polymer yang dilepas tadi bisa mengubah setting tanggal BIOS ke default. Tanpa ba-bi-bu ane masukin kode 1BLDABLA terus tekan Enter. BIOS-pun bisa dibuka kembali dan kita bisa setting password lagi.

Mungkin sobat bertanya-tanya dari mana kode recovery password BIOS 1BLDABLA ini? Nich ane dapetin dari pastebin.com, di situ ditulis tanggal dan kodenya. Silakan sobat mampir ke sana.

Kesimpulannya, anda bisa reset password BIOS laptop ASUS dengan cara :
1. Tekan kombinasi Alt + R
2. Masukkan kode recovery
3. tekan Enter dan masuk ke setting BIOS

Artikel ini mungkin agak kacau dan bolak-balik, yach karena saking senangnya menemukan ilmu baru. Oh... ya alamat pastebinnya di sini :




Baca juga :
- Mengatasi Error Saat Instal Windows 10 di Laptop ASUS


14 komentar:

  1. Ni baru namanya ilmu,,,
    makasih banyak brow,, laptop tmen ne udh berbulan2 gk hidup gra2 lupa password bios nya,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat gan ... untung tuh laptop gak keburu dibanting

      Hapus
  2. Gan naya nie tekan alt r dlm keadaan masuk windows atau baru tekan power lngsung alt r,,, tq

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan dalam windows ... kan kaga bisa masuk windows

      Jadi habis tekan tombol power, baru tekan Alt+R

      Hapus
  3. klo punyaku sdh dicabut baterainya skitar 30 menit, trus dipasang lagi, tekan tombol Alt R tp yg kluar 2014/07/09 bos, n tgl itu di list gak ada. bisa bantu solusi lain bos? tq

    BalasHapus
  4. Gabisa pencet alt+r. Caranya gimana

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Hidupkan laptop
      2. Akan muncul form untuk mengsisi pasword, abaikan saja
      3. Tekan tombol keybord Alt dan R

      Hapus
    2. udah cara device maanger juga gabisa udah beberapa kali shut down,saya notebook asus windows 7

      Hapus
    3. Kalo dilihat kasus agan nih brarti laptop udah bisa masuk windows kan? karna udah akses device manager.

      Masalahnya artikel di atas itu untuk laptop asus yang gak bisa masuk windows, sbab BIOS di-password, gituuu gan

      Hapus
    4. Ane tadinya kasusnya sama kaya antum pas di tekan alt+r gak bisa, ternyata tgl tahun diganti masih tgl skrng , jadi ganti manual terlebih dahulu 01/01/2009 ,abis itu save keluar ,masuk ke bios lg baru tekan alt+ r ,masukin kode recovery nya ,,, btw syukron gan infonya bagus bngt

      Hapus
  5. Broo udah ikutin cara ente nih yang tekan alt + R hbs itu muncul tulisan 2014/01/01 hbs itu selanjut nya cara mengetahui code recorvery nya gimana ya? Mohon pencerahan nya bro.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk recovery password bios yang ane tampilin hanya maksimal sampai 31 desember 2012

      Hapus