Entri yang Diunggulkan

Crack ESET Smart Security 10 dengan TNod 1.6.1 Beta

Untuk melakukan aktivasi ESET Smart Security 10 saat ini praktis hanya aplikasi crack TNod 1.6.1 Beta yang bisa berjalan. Aplikasi lain m...

Selasa, 11 Agustus 2015

Mengenal Chipset Intel Z170

Intel telah merilis Processor Core 6th Generation yang dikenal dengan kode Skylake dan dibarengi oleh Chipset Z170 dari keluarga Intel Chipset 100 Series. Chipset Intel Z170 ini sepenuhnya mendukung socket LGA 1511, memiliki Flex-IO besar yang kemudian disebut HSIO (High Speed Input/Output). Chipset Z170 dibekali 26 Flex-IO yang dapat digunakan dalam berbagai konfigurasi.

Mengenal Chipset Intel Z170

Setiap port 26 HSIO menyediakan berbagai kombinasi sehingga produsen dapat mengaplikasikan yang diinginkan atau yang tidak diperlukan. Selain itu beberapa fungsi ekstra seperti GbE/Ethernet perlu adanya controller tambahan. Secara default, 6 port HSIO pertama adalah USB 3.0 dengan dua USB untuk interkoneksi super speed. 20 port berikutnya dibagi menjadi 4 jalur PCIe sehingga tiap kelompok merupakan bagian dari salah satu controller internal pada chipset.

Mengenal Chipset Intel Z170

Tiga set terakhir diberi label Intel PCIe storage device, dengan demikian Chipset Intel Z70 sekarang ini mendukung perangkat PCIe sebagai bagian dari Rapid Storage Technology. Sehingga memungkinkan perangkat M.2 dan SATA Express untuk berada dalam array RAID selama kedua perangkat tersebut terhubung melalui jalur HSIO ini. Dan perlu dicatat juga bahwa port SATA pada Z170 mendukung mode DEVSLP.

Kita akan segera melihat beberapa controller tambahan hadir pada Motherboard berbasis Chipset Intel Z170, seperti ASMedia ASM1142 untuk memberikan port USB 3.1 Gen 2. Sebetulnya untuk menempatkan port USB 3.1 bisa dengan memanfaatkan controller Intel Alpine Ridge. Bahkan dengan Alpine Ridge juga akan kita dapatkan Thunderbolt 3, DisplayPort dan semua konektor USB Type-C. Alpine Ridge juga bisa bertindak sebagai LS-Pcon dan mengubah sinyal DisplayPort ke sinyal HDMI 2.0 dengan dukungan HDCP 2.2.

Mengenal Chipset Intel Z170

Controller lain adalah Intel Ethernet Connection I219 yang dinamakan Jacksonville. Terdiri atas dua varian yaitu Jacksonville I219LM untuk perusahaan (corporate) dan I129V untuk konsumen (consumer).

Mengenal Chipset Intel Z170

Hebatnya lagi Chipset Intel Z170 saat ini mendukung DMIC (Digital Microphone Direct Attact), dimana anda akan mendapatkan mikropon yang terhubung langsung ke chipset tanpa perlu adanya codec eksternal. Hal ini tentu saja akan menghemat daya dan biaya, khusunya untuk fitur seperti Wake-On-Voice. Daya (power) Chipset Intel Z170 disediakan oleh single power rail demi terciptanya desain yang simpel. 

Namun demikian kehadiran Intel Chipset Z170 akan memberikan kejutan bagi pengguna PC berbasis Windows 7. Karena secara default Z170 dan BIOS tidak akan mendukung sepenuhnya mode EHCI (Enhanced Host Controller Interface) USB 2.0. Artinya dalam beberapa situasi, perangkat USB 2.0 tidak akan bekerja kecuali dalam lingkungan XHCI (Extensible Host Controller Interface).


0 komentar:

Poskan Komentar