Entri yang Diunggulkan

Crack ESET Smart Security 10 dengan TNod 1.6.1 Beta

Untuk melakukan aktivasi ESET Smart Security 10 saat ini praktis hanya aplikasi crack TNod 1.6.1 Beta yang bisa berjalan. Aplikasi lain m...

Selasa, 04 Desember 2012

Uji Publik Pengembangan Kurikulum 2013 Siap Menjerumuskan Pendidikan Nasional Ke Jurang Terbawah

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia saat ini tengah merumuskan Kurikulum 2013 dan telah disosialisasikan melalui alamat http://kurikulum2013.kemdikbud.go.id. Kami di sini menyoroti "Penataan Struktur Kurikulum SMP" yang memuat semua mata pelajaran dan alokasi waktu per minggu. 

Uji Publik Pengembangan Kurikulum 2013 Siap Menjerumuskan Pendidikan Nasional Ke Jurang Terbawah

Sungguh sangat mengejutkan dengan absennya mata pelajaran TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) di Stuktur Kurikulum 2013. TIK yang selama ini menopang pendidikan dengan mengajarkan kepada peserta didik tentang teknologi dan membuka pengetahuan dunia luas ternyata dihapus dari Struktur Kurikulum 2013. Hal ini patut disayangkan, mengingat peranan TIK saat ini sangat berpengaruh serta dibutuhkan di dunia.

Banyak komentar dari para guru TIK yang menanyakan nasib mereka, ada pula yang menyatakan berkat TIK membuat orang tidak gaptek. Berikut kutipan beberapa komentar :

"TIK sangat berkembang saat ini, kenapa mapel TIK malah dihapus, apa sudah tidak penting lagi TIK di indonesia??? harap di pertimbangkan!!!" kata Farid Styo Bangun dari Jawa Timur.

"BANGSA MAJU adalah bangsa yang mampu menguasai ilmu pendidikan dan teknologi (IPTEK)". TIK yang diajarkan di SMP menjadi ujung tombak dalam membuka cakrawala IPTEK melalui INTERNET khususnya bagi siswa. Jika mata pelajaran TIK dihapus dari KURIKULUM 2013, sama artinya MENUTUP PELUANG bangsa menjadi MAJU," kata seorang yang menyebut dirinya Wayne Rooney, Jawa Tengah.

" ... saran saya alangkah bagusnya bila pelajaran TIK di baharukan dan lebih spesifik, seperti misalkan ; Mengelola blog, membangun WEB, mulai memahami bahasa pemrograman dasar. ... Maka, murid dapat meningkatkan bakatnya dalam bidang sastra dengan menulis di blog yang diajar oleh guru TIK yang lama. ... Guru bisa menggunakan blog nya untuk memuat ujian online yang bisa dengan mudah dengan bantuan formulir google". komentar Khairuddin, Sumatera Utara.

Anda ingin melihat komentar lebih lengkap atau ingin turut berkomentar bisa melalui link di sini.

Memang sebaiknya TIK di SMP tetap masuk dalam Struktur Kurikulum 2013, sebagaimana halnya TIK untuk SMA. Sebab dengan diajarkannya mata pelajaran TIK di SMP akan memberikan manfaat bagi peserta didik di kemudian hari dan memberikan bekal bagi mereka dalam mempertahankan kehidupannya.

Kita tahu bahwa sekarang ini sudah banyak perusahaan di Indonesia yang mengaplikasikan "paperless" dimana semua laporan dibuat dalam format digital, bukan memakai kertas lagi. Kalau pemerintah dalam hal ini Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan ingin agar anak bangsa berjaya di negeri sendiri tentu tetap mempertahankan TIK dalam Struktur Kurikulum 2013.

Jika anda pemerhati dan peduli dengan pendidikan nasional serta ingin mengetahui seperti apa struktur kurikulum 2013, bisa download di link berikut :



Baca juga :


5 komentar:

  1. sungguh ironis ya pak, itu mapel tik ditiadakan dengan alasan apa ya pak? nanti anak2 Indonesia semakin GAPTEK noh pak, apalagi saya waktu kelas X SMA (skrng kls XI) hanya diajari ngetik n ngetik wae. Waktu itu malah disuruh buat undangan, ya Allah mosok cah SMA kok kon ngunu kui toh, yawes tak rentalke mawon pak, hehe... sebel aku.
    Kudune nggih diwarai tulisan2 ragenah kayak php , html, dkk. hehehe... cuma sekedar masukan aja pak. soalnya nanti klo tik dihilangkan di negeri ini yg ada malah negara kita jalan ditempat. betul gak???

    BalasHapus
  2. sungguh ironis, tik dihilangkan tanpa alasan yang spesifik, masak tik yg selama ini berkembang pesat malah dihilangkan, toh pelajaran ini sangat penting bagi masa depan anak2, apalagi sekarang ini serba IT, sekarang hampir di semua lini kan berbau IT to, lha kok malah dihilangkan.
    pengalaman saya waktu SMA kelas X (skrg kls XI) tik hny diajari ngetik, ngetik, n ngetik, semasa saya duduk di bangku sekolah selama itu, apa nggak ada yg lain apa, kayak diajari buat script ato bhs pemrograman ala javascript, delphi, phyton. dan kawan2 :). Kecuali sy pas kls 2 & 3 smp klo gk slh, udah diajari buat email oleh Pak Widodo. hehehe... sy pas kls X pernah disuruh buat surat undangan temanten oleh guru saya, lha jenenge wong males,skolah 9 tahun cuma diajari ngetik. tak rentalke wae tugase. sebel bgt pokoke. hehehe...
    cuma sekedar pengalaman & masukan aja ya buat pemerintah...
    pesan saya kalo TIK dihilangkan dari negri ini apa yang akan terjadi di masa mendatang, Bangsa ini tidak akan MAJU TERUS PANTANG MUNDUR tapi MUNDUR MUNDUR TERUUUUSSSS... plis deh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. OK ... thanx atas support-nya mas Zaky, moga pemerintah mempertimbangkan kepentingan bangsa.

      Hapus
  3. Dengan pelajaran tik ditiadakan karena diintegrasikan ke dalam bidang studi lain, apa guru pengampu mapel yang di integrasikan akan mengajarkan fungsi semua icon-icon atau menu yang ada di program aplikasi? klo iya trus gimana mapel inti yang dia ampu,apa cukup waktunya untuk menuntaskan materi, mengutip kata bijak "SERAHKAN PADA AHLINYA", semoga bisa jadi pertimbangan bagi penentu kebijakan sehubungan dengan ditiadakan mapel TIK.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yap betul bro, lagian apa sekolah punya fasilitas tuk menyelenggarakan semua mapel pakai perangkat TIK di setiap ruang kelas?
      Ato mungkin bakal ada dropping bantuan fasilitas TIK ke tiap sekolah ya ... kaya'nya cuma mimpi.
      Pak Mentri nich slalu buat gebrakan tapi sembrono n' grusa grusu, contoh UKG (Uji Kompetensi Guru) kemarin yg nyatanya banyak trouble dan soal ujian tidak valid. Sekarang lagi .... wouwww

      Hapus