Entri yang Diunggulkan

Cara Aktivasi MS. Office 2019 Secara Mudah

Microsoft telah merilis aplikasi MS. Office 2019 paling baru untuk menggantikan MS. Office 2016 maupun MS. Office 2013 . Beberapa sobat ...

29 November 2012

Fujifilm Mengembangkan Optical Disc Kapasitas 1 TB

Perkembangan media penyimpanan data (storage) untuk sistem komputer sangat cepat. Mungkin anda masih ingat pada tahun 90-an terdapat floopy disk 5,25 inchi berkapasitas 360 KB (Kilo Byte) dan bandingkan dengan storage yang sekarang kita gunakan, tentu sangat jauh perbedaannya. Kapasitas hard disk sampai saat ini sudah mencapai 4 TB, sedangkan media optic hingga kapasitas 25 GB via Blue-ray disc.

Apalagi dengan munculnya sistem cloud computing, banyak user mulai meninggalkan media penyimpanan di PC mereka. Melalui cloud, memungkinkan user untuk mengakses data dimanapun dan kapanpun asalkan ada koneksi internet. Namun demikian ternyata tidak menyurutkan pengembangan media storage, sebagai buktinya Fujifilm saat ini tengah mendesain optical disc yang mempunyai kapasitas hingga 1 TB (Tera Byte) setiap keping.

Fujifilm Mengembangkan Optical Disc Kapasitas 1 TB

Fujifilm menggunakan teknologi "two-photon absorption" untuk meningkatkan jumlah lapisan/layer dan mempekerjakan laser 405nm Ti/S. Fujifilm mampu mengembangkan 20 layer dimana setiap lapisan ini berkapasitas 25 GB. Dengan demikian satu keping disc yang mempunyai dua layer dapat menampung 50 GB. Maka total kapasitas disc Fujifilm adalah 20 x 50 GB = 1 TB. Fujifilm berharap bahwa disc 1 TB tersebut dapat dipasarkan pada tahun 2015, kita tunggu saja finalnya.

Fujifilm Mengembangkan Optical Disc Kapasitas 1 TB


Sumber :



Baca juga :

0 komentar:

Posting Komentar