Entri yang Diunggulkan

Cegah Ransomware WannaCry dengan Update Smadav Rev 11.4

Dunia sedang gempar dengan munculnya malware jenis ransomware WannaCry . Begitu masifnya pemberitaan WannaCry , sampai nenek-nenek pun ing...

Rabu, 05 September 2012

Software Gratis Untuk Memonitor Gejala Kerusakan Hard Disk

Semua perangkat elektronik mempunyai keterbatasan masa pakai termasuk peralatan pada komputer, misalnya Hard Disk Drive (HDD). Hardware komputer yang berfungsi sebagai media penyimpanan data ini memiliki cakram atau piringan yang selalu berputar hingga kecepatan 7200 rpm, bahkan ada HDD yang berotasi pada 10.000 rpm. Kadangkala anda menjumpai HDD yang sering mengalami error, crash atau bahkan tak terbaca oleh BIOS.

Monitoring terhadap HDD secara berkala dengan menggunakan tool dapat mencegah potensi kegagalan dan bisa memperpanjang umur Hard Disk. Pada kesempatan ini kami tampilkan 3 software gratis yang dapat anda gunakan untuk memonitor status kesehatan, performa serta suhu Hard Disk.

  1. PassMark (Download)
  2. Dilengkapi DiskCheckup guna memantau fitur S.M.A.R.T dan bagian HDD. S.M.A.R.T (Self-Monitoring Analysis and Reporting Technology) merupakan fitur hard disk yang akan memberikan informasi tentang keandalan (reliabilitas) perangkat. Tool ini memonitor Threshold Exceed Condition dan menampilkannya di jendela utama.
    Software Gratis Untuk Memonitor Gejala Kerusakan Hard Disk
  3. Acronis Drive Monitor (Download)
  4. Membantu memprediksi kapan waktu hard disk akan mengalami kegagalan sehingga memungkinkan anda untuk membuat cadangan (backup). Memberikan laporan kondisi hard disk dalam selama satu minggu penggunaan. Memonitor controller RAID tanpa teknologi S.M.A.R.T dan menampilkan peringatan pada area notifikasi.
    Software Gratis Untuk Memonitor Gejala Kerusakan Hard Disk
  5. HDD Scan (Download)
  6. Melakukan diagnosa kesehatan hard disk dengan memantau bad sector dan bad-block serta memprediksi penurunan kinerja. Mendukung RAID, USB Flash Disk maupun SSD. Disamping itu HDD Scan akan menampilkan atribut S.M.A.R.T serta mengubah parameter HDD seperti AAM maupun APM. Tool ini termasuk aplikasi portable sehingga tidak memerlukan instalasi pada komputer. Tersedia juga dukungan untuk Command Line.
    Software Gratis Untuk Memonitor Gejala Kerusakan Hard Disk

Baca juga :


0 komentar:

Posting Komentar