Entri yang Diunggulkan

Crack ESET Smart Security 10 dengan TNod 1.6.1 Beta

Untuk melakukan aktivasi ESET Smart Security 10 saat ini praktis hanya aplikasi crack TNod 1.6.1 Beta yang bisa berjalan. Aplikasi lain m...

Sabtu, 08 Januari 2011

DNS Tepat - Internet Lebih Cepat

Demam Facebook mewabah Indonesia beberapa tahun terakhir, hal ini setidaknya membawa sisi positif dan negatif. Marilah kita berpikir positif atas animo masyarakat ini, karena banyak orang yang tadinya "gaptek" ternyata punya hasrat kuat untuk bisa ikutan nimbrung di jaringan sosial terpopuler tersebut. Mereka dengan suka-rela berlangganan internet baik melalui modem flash atau memanfaatkan HP. Masyarakat pun mulai kenal dengan beberapa istilah yang sebelumnya mereka anggap tak penting ... modem itu makanan apa ... ISP itu laki pa perempuan.

Namun demikian ternyata minat besar sebagian warga tidak dibarengi dengan fasilitas jaringan yang memadai, padahal perangkat akses Internet yang dimiliki warga sudah canggih macam HSDPA ataupun EVDO. Kalau boleh saya ibaratkan kita punya mobil Ferari ... tapi harus melewat jalan setapak nan berlubang, mana mungkin bisa cepat ... itulah kondisi Internet di Indonesia. Semoga pihak berwenang membaca tulisan ini trus pingin buat sirkuit ... eh maksudnya jaringan fiber optic ... Amiin.

Tapi jangan berkecil hati ... kadang dengan kondisi serba minim dapat dihasilkan sesuatu yang monumental, artinya untuk menambah kecepatan akses internet sebetulnya bisa dengan mencari DNS yang tepat. DNS (Domain Name System) adalah suatu sistem yang menyimpan informasi nama host dan domain dalam bentuk basis data tersebar (distributed database) dalam sebuah jaringan komputer serta menyediakan alamat IP (Internet Protocol) bagi setiap host. 

Setiap ISP pasti punya DNS, akan tetapi belum tentu mempunyai kecepatan tinggi. Nah ... maka dari itu diperlukan suatu aplikasi NameBench 1.3.1 yang mampu mencari DNS dengan tepat. Mari kita coba aplikasi menarik ini :

1. Tutup semua aplikasi internet misal browser, IDM dan Torrent Client
2. Download aplikasi (link akhir artikel)
3. Jalankan program NameBench 1.3.1, maka IP dan DNS yang sedang anda pakai
    akan terdeteksi pada Nameserver
DNS Tepat - Internet Lebih Cepat
    
4. Klik Start Benchmark untuk melakukan proses sampai selesai hingga muncul 
    rekomendasi DNS
DNS Tepat - Internet Lebih Cepat
    
6. Masuk Control Panel - Network and Sharing Center - Local Area Connection
DNS Tepat - Internet Lebih Cepat
    
7. Klik Properties

8. Double klik Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4)
DNS Tepat - Internet Lebih Cepat
       
9. Pilih Use the following DNS server addresses - isi dengan DNS rekomendasi tadi
    klik OK
DNS Tepat - Internet Lebih Cepat
    
Semoga dengan cara menemukan DNS yang tepat akan membuat koneksi Internet menjadi lebih cepat.


4 komentar:

  1. gan posting cara kodok modem vodafone K3765...cara di atas gak mempan buat download kalau browsing lancar bangat gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. umumnya modem flash buat download gak stabil, mungkin juga karena ISP-nya. Kecepatan akses sangat dipengaruhi beberapa faktor kaya :bandwidth, kualitas jaringan, kemampuan server yang dituju dan tentu jenis modem

      Hapus